Serang-Minggu (14/6). Ada yang beda di penyuluhan yang diselenggarakan oleh
pengurus IMIKI Untirta Jumat, (12/6) lalu di SD Negeri 20 Serang. Acara yang
biasanya hanya proses penyampaian materi kini sedikit lebih berwarna dengan
adanya mini eksperimen. Eksperimen tersebut merupakan uji coba yang menjelaskan
mengenai pengaruh tayangan iklan di televisi.
Dua orang siswa diminta untuk menjawab pertanyaan. Siswa yang menjawab
dengan benar dijanjikan mendapat sepotong ayam goreng dari perusahaan makanan
cepat saji terkenal. Sementara yang menjawab salah hanya mendapat sepotong ayam
goreng yang dibeli di emper jalan. Setelah menghabiskan ayam tersebut keduanya
diminta pernyataan ayam mana yang lebih enak. Mayoritas menjawab ayam dari
perusahaan cepat saji. Setelah itu peserta diberi tayangan video yang
memperlihatkan bahwa ayam tersebut sebelumnya telah ditukar dari wadah
masing-masing. Peserta mulai dari orang tua hingga siswa sontak kaget melihat
fakta tersebut.
Konsep mengenai uji coba ini sudah dipraktekkan sebelumnya oleh Remotivi.
“Kami mencoba untuk menyerap ide yang dilakukan Remotivi untuk mempraktekkannya
di sini. Karena ide eksperimen ini cukup menarik dan bermanfaat untuk
diperlihatkan kepada peserta”, Jelas Ayel selaku wakil ketua IMIKI Untirta.
Selain eksperimen acara penyuluhan “Aku Hebat Tanpa TV” juga diisi oleh games dan ice
breaking mengingat peserta yang menghadirinya adalah siswa sekolah
dengan rentang usia 10-12 tahun.
0 komentar:
Post a Comment